About Me

Thursday 9 March 2017

7 Penelitian Aneh yang Mendapatkan Ig Nobel 2016


Ig nobel prize adalah parodi dari nobel prize yang dihadiahkan kepada penelitian dan ilmuan yang melakukan penelitian yang aneh dan mustahil. Riset yang mereka lakukan rada konyol namun membuat kita jadi berpikir kalau hal itu masih masuk akal.

Berikut ini merupakan pemenang-pemenang ig nobel prize pada tahun 2016:

1. Bidang persepsi



Dua ilmuan asal Jepang menemukan bahwa ketika kita melihat sesuatu dari selal-sela kaki saat membungkuk. Maka benda tersebut akan terlihat lebih jelas dan terang. Apakah benar? Yuk dicoba.

2. Bidang Ekonomi



Ilmuan asal Selandia Baru dan Britania Raya menemukan bahwa setiap batu itu memiliki kepribadian yang berbeda-beda sehingga menarik dan memiliki nilai jual. Mungkin penemuan ini bisa menjelaskan mengapa batu akik sempat menjadi barang yang banyak dibeli beberapa waktu lalu ya.

3. Bidang kedokteran



5 ilmuan asal Jerman menemukan bahwa ketika lengan kiri kamu gatal, kamu bisa menyembuhkannya dengan menggaruk lengan kanan sambil melihat kaca, begitu juga kebalikannya. Hal ini berguna ketika lengan kamu mengalami luka dan tidak boleh digaruk.

4. Bidang Psikologi



Ada penelitian terhadap 1005 objek dengan umur 6-77 tahun untuk mengetahui seberapa sering dan seberapa jago mereka berbohong. Hasilnya, kebohongan itu meningkat pada saat kecil, memuncak pada saat remaja, dan menurun pada saat dewasa.

5. Bidang Biologi



Pada bidang biologi, penghargaan jatuh pada seorang ilmuan yang membuat tangan dan kaki buatan sehingga dia bisa bergerak selayaknya domba. Dengan tangan buatan tersebut, dia melakukan adaptasi dengan para domba di padang rumput.

6. Bidang sastra



Ig nobel pada bidang sastra jatuh pada seorang entomologis asal Swedia yang membuat 3 jilid autobiografi tentang kenikmatan mengkoleksi lalat yang sudah mati dan lalat yang masih hidup.

7. Bidang perdamaian



Sejumlah peneliti melakukan penelitian tentang hubungan karakter seseorang dengan kecendrungan untuk menerima kata-kata omong kosong yang sok dalam. Jadi hal ini ternyata dipengaruhi oleh keterbukaan pemikiran, kemampuan berpikir analitis dan kritis, dan kecendrungan untuk mempercayai hal-hal paranormal dan konspiratif.

Sumber:
https://www.kaskus.co.id/thread/58ba54b5dbd770b27b8b4568/7-penelitian-aneh-yang-mendapatkan-ig-nobel-2016/

0 komentar:

Post a Comment