About Me

Wednesday 20 January 2016

Pelajar China Punya Alat Super Canggih Untuk Mencontek


Kasus kecurangan siswa saat ujian hampir terjadi di semua negara, termasuk di China. Bahkan, untuk memberantas kebiasaan buruk itu, tahun lalu pemerintah China mengesahkan Undang-Undang tentang hukum pidana bagi para pelajar yang mencontek. Siswa yang terbukti mencontek saat ujian bisa dikenakan hukuman kurungan maksimal tujuh tahun.

Hukuman itu menang terkesan berat, tapi bukan tanpa alasan. Dalam beberapa kasus yang berhasil diungkap, sejumlah pelajar di China kedapatan menggunakan peralatan canggih layaknya detektif untuk melakukan kecurangan selama ujian. Baru-baru ini polisi China berhasil membongkar sindikat joki ujian yang menyediakan peralatan super canggih untuk memuluskan kecurangan tersebut.

Kelompok itu bahkan telah memiliki lebih dari 5.000 ‘klien’. Dikuti dari NetEase, ditemukan berbagai jenis barang bukti berupa peralatan hasil rakitan sendiri.

Berikut adalah beberapa foto alat yang digunakan untuk berbuat curang saat ujian:

Sebuah rangkaian elektronik yang terdiri dari ponsel, dua baterai, dan receiver. Peralatan ini disembunyikan di dalam seragam.



Seorang polisi menunjukkan kacamata canggih yang diselipi kamera tersembunyi serta sekeping koin yang berfungsi sebagai receiver.



Kamera tersembunyi pada pulpen dan receiver yang disisipkan pada karet penghapus.



Ponsel-ponsel yang terhubung dengan receiver ini dipakai untuk melakukan aksi kecurangan selama ujian.



Untuk mengantisipasi aksi kecurangan, pihak penyelenggara ujian memakai piranti yang nggak kalah canggih. Seorang penjaga ujian tampak sedang mengoperasikan alat yang berfungsi untuk memantau aliran sinyal radio di lokasi ujian.



Sementara di tempat lain, ada pengawas yang bertugas untuk memantau frekuensi sinyal radio yang mencurigakan di ruang ujian.



Tidak tanggung-tanggung, pihak kampus sengaja mengerahkan aparat kepolisian lengkap dengan senjata laras panjang untuk mengawal jalannya ujian.



Sejumlah siswa mengenakan kaos bertuliskan 'tidak takut apapun' saat akan menempuh ujian masuk perguruan tinggi.



Aksi ritual para orangtua untuk mendoakan putra-putri mereka sukses menempuh ujian yang super ketat.



Keseluruhan barang bukti yang disita polisi. Ini peralatan yang digunakan para joki untuk membantu peserta ujian.



Sumber: https://www.brilio.net/news/alat-mencontek-siswa-di-china-saat-ujian-ini-ngeri-super-canggih-160119u.html

0 komentar:

Post a Comment